Senam Hamil, Perlukah? Review senam hamil RS Puri Cinere

Masuk 7 bulan, bumil ini mulai ketar-ketir... Selain rempong mulai nyiapin semua kebutuhan bayi yang kudu mulai dicicil supaya ga merasa berat nantinya, rempong karena mental yang juga kudu disiapin pun juga dimulai..

Dari siap mental ngeluarin dana lahiran yang ngga sedikit sampai nyiapin diri untuk proses persalinan, terutama juga kesiapan fisik si ibu.... Terus apa yang perlu dikerjain?

> Jalan Kaki! itu mah ga usah dibahas lagi lah ya... Jalan kaki teratur tiap hari ini bukan sekedar memperkuat ketahanan fisik sang ibu, tapi ada 2 fungsi penting lainnya. Yang pertama adalah untuk mengelastiskan otot perut dan selangkangan si ibu, supaya nanti si bayi "buka pintu-nya" gampang. Seperti pintu yang jarang dibuka, lama kelamaan bisa karatan...nah yang begini ini yang bisa nyakitin si ibu dan nyusahin si anak di proses persalinan, that's whit jalan itu penting. Kedua, banyak jalan di tri semester akhir memicu keluarnya hormon (lupa persisnya namanya apa) yang berfungsi menstimulasi pembukaan di waktu yang seharusnya. Singkatnya, banyak jalan helpful banget lah ya...

>Senam Hamil, perlukah? kan udah jalan, perlu gak sih senam hamil? Jawabannya tergantung pada individu masing-masing, kalau ngerasa cukup dengan jalan ga papa juga koq. Senam hamil sebenernya memiliki fungsi yang hampir sama dengan jalan. Gerakan-gerakan setipe dengan yoga ini berfungsi mengendurkan otot-otot penting untuk lahiran. Banyak yang nanya, dari kapan senam hamil bisa dilakuin? Sebenernya masuk 4 bulan udah boleh...Gerakannya juga disesuaikan dengan usia kehamilan. Makin tua usia kehamilan, makin banyak gerakannya dan makin lebih berat. Terus baiknya mulai kapan senam hamil? Ask your doctor. Setiap kehamilan berbeda kondisi dan kekuatannya. Mau hamil tua-pun if your doctor says NO, then don't do it.
 

suasana ruang senam hamil
Terus apa sih kelebihan senam hamil?

1. Gerakan yang memang di desain khusus untuk ibu hamil ini juga berfungsi sebagai relaksasi sesuai kebutuhan ibu hamil. Contoh, mulai tri semester terakhir pasti ada yang pernah ngerasa nyeri punggung, tangan dan kaki kesemutan, dan susah tidur? Yep! dengan senam hamil, kalau dilakukan dengan benar dan teratur enteng banget badan jadinya. Fit deh pokoknya!

2. Pada senam hamil diajarkan cara bernafas saat melahirkan. Jujur dulu aku nganggap enteng hal ini karena kayaknya koq yah nonton film atau series macam ER aja udah tau kalau ambil dan buang nafas saat lahiran gimana. Tapi setelah ikut senam hamil, ternyata berat loh.... Disini kita dilatih untuk bisa bernafas teratur dan panjang yang akan sangat membantu waktu ngedorong bayi keluar. Aku yang udah jarang olahraga itu bener-bener memicu diri buat bisa narik dan buang nafas panjang lagi.

3. Kombinasi gerakan dan tarikan nafas membantu untuk lebih fokus. Fokus untuk apa? Nafas dan ngeden... Memang sih ngomong gampang, kalo pas persalinan, ngerasa sakit yang minta ampun pasti ga keinget! tapi, karena senam ini dilakukan teratur, saat suami di sebelah ngingetin ambil nafas dalem, seenggaknya kita langsung keinget dengan ritual senam hamil itu.


4. Siap mental. Dengan ikut senam hamil biasanya instrukturnya juga akan ngajarin posisi melahirkan, gimana tarik nafas serta ngeden-nya. Seenggaknya ada bayanganlah yah, udah ada latihannya.... yang paling penting yang aku rasain kemarin adalah sharing moment dengan calon ibu yang lain. Sharing pengalaman hamil, kiat persiapan lahiran lain, sampai ngeliat betapa tinggi semangat para calon ibu untuk lahiran normal ngebuat aku juga lebih semangat dan Pe-De.

There you go... Beberapa kelebihan senam hamil yang ngga aku dapat dengan jalan pagi aja. Tapi ya..., yang paling penting adalah ibu dan bayi sehat. Sudah sekeras dan sesempurna apapun kita menyiapkan diri, tetep pasrah kepada Tuhan Yang Maha Esa itu penting. Jangan terlalu takut dengan lahiran normal, begitu juga sebaliknya jangan terlalu keras hati sampai ngga mau operasi secar.

Terus, senam hamil dimanakah yang akan ku-review? tentunya RS Puri Cinere, tempat dokterku dan deket rumah tercinta. Umumnya di rumah sakit besar pasti sudah ada kelas senam hamil, senam nifas, dan lain-lain.

Di RS Puri Cinere ini (tahun 2015) jadwalnya sekali seminggu. Setiap hari Sabtu mulai jam 10 pagi. Dengan membayar Rp 50.000 di tiap sesinya kita udah dapat pengarahan, snack dan dipinjami baju untuk senam hamil (yang nge-pink gitu deh...). Jadi, ga mesti tiap minggu dateng, kalo bisa aja dateng (tapi senam hamil dirumah tiap hari kudu harus diulang yah...kalo ngga percuma).

Sekitar jam 10 Pagi kelas dibuka dengan pengarahan tentang menjadi ibu. Topiknya tiap minggu berbeda. Contohnya seperti asupan ibu hamil dan menyusui, Asi dan Mpasi, proses persalinan, dll. Semuanya sih menurutku penting yah...lumayan dapet banyak pengetahuan langsung dari dokter loh.... Disini para suamipun juga bisa join dan sharing ilmu. Habis pengarahan baru deh senam hamil. Di RS ini senam hamil tidak di dampingi suami, karena beberapa posisi senamnya secara islami memang ga nyaman kalau suami-suami orang juga disana. Tapi, saat pelatihan posisi melahirkan para suami barulah diundang untuk ikut serta supaya suami juga dapat pengetahuan dan bayangan tentang gimana proses persalinan nantinya.

snack dan copy paparan topik
pengarahan dokter
So far, aku sih puas banget senam hamil di sana. Udah lengkaplah ya... Pengajarnya juga ramah banget, jadi kalau nanya-nanya enak. So, senam hamil perlukah? Menurutku sih, YES!



Comments

Popular Posts